Pertumbuhan berat badan sapi

Selain itu ternak sapi sebagai sumber pupuk untuk menjaga kesuburan lahan usaha tani akan semakin memegang peranan penting, mengingat adanya kecenderungan semakin tingginya harga pupuk buatan di pasaran, sehingga perlu dicari pupuk alternatif untuk mensubsitusi kebutuhan pupuk anorganik yang digunakan selama ini.

Telinga panjang dan menggantung.

Aspek genetik juga bisa dipengaruhi dengan metode rekayasa genetik. Setiap perlakuan terdiri dari 5 ulangan. Blakely menyatakan bahwa bangsa-bangsa sapi yang dipakai dalam usaha peternakan sapi potong sebenarnya tidak ada yang sempurna dikarenakan ternak-ternak itu memiliki sifat-sifat yang berlainan.

Bio plus adalah isi rumen yang mengandung mikroba pilihan untuk mencerna serat kasar tinggi dalam bentuk kering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan urat daging ternak jantan cenderung lebih besar daripada pertumbuhan urat daging ternak betina.

Pertumbuhan bobot badan sapi bali Rata-rata pertumbuhan bobot badan sapi bali jantan pada ketiga perlakuan dapat dilihat pada Gambar 1. Herry A.

Kisaran umur tanaman pohon kelapa sawit berkisar antara tahun. Setelah pertumbuhan maksimum dicapai, maka proses pertumbuhan dapat dikatakan berhenti tetapi dilanjutkan dengan proses lain dari kehidupan yang meliputi proses regenerasi, reparasi, reproduksi, dll.

Pertumbuhan pre-natal merupakan pertumbuhan pada periode waktu selama masih embrio, yang kemudian tumbuh berkembang menjadi foetus. Kurva sigmoid tersebut dapat digambarkan apabila dilakukan penimbangan berat badan dari seekor ternak pada selang waktu tertentu dan perubahan berat badan tersebut digambar dalam suatu diagram maka akan terlihat sebagai kurva yang berbentuk sigmoid.

The experimental was designed in a simple randomized design. Pertambahan growthUkuran dan Berat Badan Pertumbuhan dalam arti pertambahan growth mempunyai pengertian sebagai pertambahan yang meliputi ukuran dan bobot dari suatu jaringan, misalnya jaringan daging, jaringan tulang dan jaringan syaraf.

Sampai saat sekarang lahan perkebunan belum dimanfaatkan peternak untuk memelihara ternak. Perubahan ukuran badan, yaitu apabila ternak terlihat semakin bertambah tinggi dan panjang. Bioplus Bali 18 ,12 ,37 ,52 ,31 ,42 65,42 3.

Ternak yang diberi makanan dibawah tingkatan kebutuhan hidup pokoknya submaintenance maka berbagai jaringan dalam tubuh akan dipakai untuk mensuplai energi dan protein untuk hidup pokoknya.

Pakan tambahan berupa dedak dan probiotik diberikan pada sore hari. Kata kunci: Kata kunci: Beberapa contoh bangsa sapi yang dikategorikan sebagai bangsa sapi unggul yang terdapat diIndonesia, antara lain sapi simmental,hereford, angus,limousin, brahman.

Pertumbuhan pre-natal merupakan pertumbuhan pada periode waktu selama masih embrio, yang kemudian tumbuh berkembang menjadi foetus. Pada ternak sapi yang berasal dari eropa, pertumbuhan akan berhenti pada umur sekitar 3 tahun.

Informasi Teknis Peternakan. Pada proses pertumbuhan dapat dibedakan dalam 2 dua pengertian, yaitu: Sesuai dengan banyaknya permintaan dan penawaran pasar.

Hormon pertumbuhan dari pituitary akan merangsang pertumbuhan yang pengaruhnya melalui sejumlah peptida serum dan somatomedium, sedangkan hormon lainnya yang mempengaruhi pertumbuhan misalnya androgen, estrogen, hormon tiroid dari glukokortikoid bekerjanya dengan mengubah produksi dan aktivitas somato medium.

Hormon pertumbuhan dari pituitary akan merangsang pertumbuhan yang pengaruhnya melalui sejumlah peptida serum dan somatomedium, sedangkan hormon lainnya yang mempengaruhi pertumbuhan misalnya androgen, estrogen, hormon tiroid dari glukokortikoid bekerjanya dengan mengubah produksi dan aktivitas somato medium.Dari hasil pengamatan tabel diatas ADG bull dan steer memiliki perbedaan, dimana ADG steer lebih tinggi dari bull.

Perbedaan ini disebabkan karena pertambahan bobot tubuh hewan muda dipusatkan pada pertumbuhan otot-otot, tulang belulang, dan organ-organ nathalie-masson.com: Evaluasi Performa Produksi Susu Sapi Perah.

Dalam Periode pertumbuhan terdapat dua kejadian yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran dari urat daging, tulang, organ internal dan bagian lain pada tubuh (Ensminger, ).

Sedangkan Wello, () menyatakan, pertumbuhan adalah kenaikan berat badan mencapai ukuran dewasa sedangkan perkembangan adalah hal yang menyangkut perubahan. Pertumbuhan bobot badan sapi bali Rata-rata pertumbuhan bobot badan sapi bali jantan pada ketiga perlakuan dapat dilihat pada Gambar 1.

0,7 0,6 Pertambahan 0,5 bobot badan 0,4 harian 0,3 (kg/hari) 0,2 0,1 0 Perlakuan T1 (Bioplus+dedak) T2 (Bioplus) T0 (kontrol) Gambar 1. Rata-rata pertumbuhan harian sapi bali jantan dari setiap perlakuan selama hari.

Pertumbuhan rata-rata dengan.

Misalnya seekor sapi pada saat lahir berat badannya 25 kg dan saat mencapai umur sapih memiliki berat badan 90 kg, maka terjadi pertambahan berat badan 65 kg. Perubahan bentuk badan ternak, yang dapat diketahui apabila dilakukan pengamatan pertumbuhan pada seekor ternak dimana seekor ternak pada waktu masih kecil terlihat bahwa kakinya panjang, tetapi setelah dewasa terlihat kakinya.

PERTUMBUHAN TERNAK POTONG

Yang dimaksud dengan “pertumbuhan” adalah pertambahan berat badan atau pertambahan ukuran tubuh ternak sapi sesuai dengan umur. Pertumbuhan secara umum diukur dengan pertambahan berat badan. Urutan Proses Perkembangan dan Pertumbuhan Dalam Pemeliharaan Sapi Potong Seorang peternak sapi apalagi yang menekuni usaha penggemukan sapi tentu ingin mendapatkan pertambahan berat badan yang bagus selama masa pemeliharaan atau masa penggemukkan sapinya.

Pertumbuhan berat badan sapi
Rated 4/5 based on 4 review